Manual Media Pembelajaran

MANUAL MEDIA PEMBELAJARAN

Nama Media : Hand Phone
Nama Sekolah : MTs Hasyimiyah Bungah Gresik
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : IX/1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Standar Kompetensi
2. Memahami Kemajuan Dinasti Abbasiyah di bidang ilmu agama Islam.
2. Kompetensi Dasar
2.1 Mengkaji kemajuan Dinasti Abbasiyah di bidang ilmu agama Islam
2.2 Menyebutkan nama-nama ulama di bidang ilmu Hadis.
3.Indikator
a. Siswa dapat mengidentifikasi kemajuan ilmu agama Islam
b. Siswa dapat menyebutkan nama-nama ulama di bidang ilmu Hadis dan karyanya
4. Tujuan pengunaan media
a. Memudahkan siswa menemukan kata-kata/nama /sesuatu yang belum diketahui.
b. Menambah wawasan siswa berkaitan dengan materi pelajaran.
c Belajar dengan cara yang menyenangkan (enjoy learning).
5. Alat dan Bahan
Handphone milik guru dan siswa
6. Prosedur Pembuatan

7. Biaya
Biaya pulsa sendiri
8. Strategi Pembelajaran dan Penerapan Media :
a. Sebelum hari pelaksanaan pembelajaran siswa diberitahu agar yang memiliki handphone berfitur Wap/Mini browser untuk dibawa ke sekolah.
b. Kemudian handphone yang belum disetting GPRS/Wapnya dilakukan setting dulu oleh guru sampai settingan berhasil.
c. Bagi siswa yang tidak membawa dan atau tidak memiliki handphone maka menggabung dengan siswa lain yang membawa handphone.
d. Guru lalu mengajak siswa membuka buku teks SKI, dengan Materi Kemajuan Dinasti Abbasiyah di bidang ilmu Pengetahuan Agama Islam. Siswa dipersilahkan membaca materi dan sekaligus mencari nama atau kata dan sebagainya yang tidak dimengerti/tidak dikenal, lalu dicatat.
e. Setelah 10 menit, maka semua siswa disuruh menutup buku teks SKI dan masing masing membuka catatan kata/seuatu yang tidak tahu, lalu membuka handphone dan masuk pada menu Mini Browser/layanan internet. Lalu muncullah mesin pencari ada yang Yahoo dan ada pula yang Google.
f. Tahap selanjutnya siswa menuliskan/mengetikkan kata-kata yang tidak dimengerti tadi , dan ditekan cari atau search, maka setelah 15 atau 30 detik muncullah gambar dan alamat-alamat web. Lalu masing-masing siswa dipersilahkan guru menekan lagi alamat web yang diinginkan, maka beberapa saat kemudian muncullah halaman web yang menyajikan kata-kata yang dicari.
g. Selanjutnya Guru menyuruh siswa membaca halaman Web dan menulis jawaban dari pertanyaan masing-masing. Setelah selesai maka guru menyuruh siswa kembali ke menu utama handphone dan memasukkan ke saku/tas, dan siswa mengumpulkan catatannya.
h. Guru lalu membagikan hasil catatan siswa kepada siswa lain, dan siswa lain memberikan komentar ,pertanyaan dan krittikan (diskusi).
i. Guru menyimpulkan hasil diskusi.

Mengetahui,
Kepala MTs Hasyimiyah

H. Maghfur, S.Pd.I
Gresik, 11 Nopember 2007
Guru Mata Pelajaran,

Drs. Khusnul Huda

MANUAL MEDIA PEMBELAJARAN

Nama Media : Kotak Peristiwa
Nama Sekolah : MTs HASYIMIYAH
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Standar Kompetensi
1.Memahami Sejarah Pembentukan Dinasti Umayah
2. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan Latar Belakang terbentuknya Dinasti Umayah
3. Indikator
1.1.1 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi berdirinya Dinasti Umayah
1.1.2 Mendeskripsikan proses berdirinya Dinasti Umayah
4. Tujuan pembuatan media
a. Memudahkan siswa mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi berdirinya Dinasti Umayah.
b. Menjembatani siswa menentukan peristiwa secara tertib sesuai waktu kejadian.
c. Belajar sambil bermain.
5. Alat dan Bahan
a. Kardus kecil/kotak kecil bekas bungkus sabun atau rokok.
b. Kertas karton yang lebar.
c. Kertas sampul bekas tempat naskah/LJK ujian.
d. Lem kertas.
e. Gunting.
f. Alat tulis(Spidol kecil dan besar).dan penggaris.
6. Prosedur Pembuatan
a. Menyiapkan alat dan bahan.
b. Membuat /menggambar skema pada karton lebar.
c. Membungkus kardus/kotak kecil dengan kertas lalu di tempelkan pada karton yang sudah ada skemanya.
d. Memotong kertas karton dengan ukuran lebih kecil sedikit dari lebar kotak/bungkus sabun atau rokok. Lalu potongan kertas ditulisi peristiwa-peristiwa, seperti: perang siffin, perang jamal, tahkim dan seterusnya.
e. Semua potongan -potongan kertas dimasukkan ke dalam bekas bungkus LJK yang sudah dibentuk seperti tabung.
f. Kotak Peristiwa siap dimainkan.
7. Biaya
Swadaya (biaya sendiri)
8. Prosedur penerapkan media :
a. Menunjukkan media kepada siswa.
b. Menyampaikan aturan main penggunaan media.
c. Membagi siswa dalam beberapa kelompok sesuai jumlah peristiwa atau kotak
d. Masing-masing ketua kelompok/perwakilan kelompok secara bergiliran mengambil satu kertas potongan peristiwa di dalam tabung(bekas bungkus LJK) lalu dibawah kembali ke kelompoknya.
e. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk menentukan urutan peristiwa dan menulis uraian peristiwa.
f. Semua perwakilan kelompok lalu maju ke depan kelas membawa potongan kertas dan menaruh pada salah satu kotak yang ditempel di Karton lebar skema.
g. Guru lalu mengambil satu per satu kertas dalam kotak-kotak dan memperlihatkan pada semua siswa, menanyakan apakah sudah benar letaknya , dan terjadilah diskusi
h. Menyimpulkan bersama hasil pembelajaran.

Mengetahui,
Kepala MTs Hasyimiyah

H. Maghfur, S,Pd.I.
Gresik, 18 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran,

Drs. Khusnul huda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s